Kamis, 21 Juni 2012

Installasi Xampp dan MySQL

Tutorial sebelumnya : Menggunakan Aplikasi SMS Access.

Xampp adalah sebuah program aplikasi web server yang masih cukup populer hingga saat ini. Sebenarnya Xampp merupakan program kompilasi. Artinya program yang di dalamnya terdiri dari beberapa program lagi yang sudah dikonfigurasi menjadi satu, yaitu Apache, MySQL, dan PHP.

Sebenarnya aplikasi SMSaccess tidak membutuhkan web server. Namun seperti yang saya jelaskan pada tulisan sebelumnya bahwa yang kita manfaatkan dari Xampp ini adalah MySQL-nya. Jika anda meng-instal Xampp di komputer anda, maka secara otomatis MySQL juga akan terinstal, sekaligus komputer anda akan memiliki web server yang bernama Xampp yang sewaktu-waktu dapat anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis web.

Untuk menginstal Xampp dan MySQL, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Double-click file 'xampp-win32-1.5.1-installer.exe' sampai muncul kotak dialog Installer Language. Pilih bahasa Indonesia, klik tombol OK.




2. Muncul kotak dialog Selamat Datang di Xampp. Klik tombol Maju untuk meneruskan.




3. Pilih lokasi installasi atau sebaiknya biarkan di lokasi default-nya yaitu 'C:\Program Files'. Klik tombol Install.




4. Proses installasi berjalan. Tunggu sampai proses tersebut selesai.




5. Jika proses installasi selesai, klik tombol Selesai.




6. Selanjutnya Xampp akan melakukan konfigurasi secara otomatis. Ikuti prosesnya dengan menjawab Yes terhadap semua kotak pertanyaan yang muncul, sampai yang terakhir Xampp akan menampilkan kotak dialog 'XAMPP Control Panel Application'. Lihat gambar di bawah, terdapat informasi Apache Running artinya Server Apache sedang aktif atau berjalan. Begitu juga MySQL dan FileZilla.





Ok…, database MySQL sudah terinstal. Ikuti tutorial selanjutnya yaitu Membuat Database dan Tabel-tabel SMS di MySQL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar