Kamis, 21 Juni 2012

Langkah-langkah Setting Gammu

Tutorial sebelumnya : Installasi MySQL Connector ODBC dan Setting System DSN.

Supaya Gammu yang telah anda instal dapat berjalan dengan baik, maka anda harus melakukan sedikit pengaturan dan uji coba Gammu tersebut. Setting Gammu tidak terlalu sulit dan tidak memakan waktu lama. Yang penting modem/hp dan komputer anda sudah saling terkoneksi dengan baik, dan nomor port yang digunakan untuk modem/hp tersebut sudah anda catat atau ingat dengan baik. Selanjutnya ikutilah langkah-langkah setting Gammu berikut ini:

1. Koneksikan modem/hp anda ke komputer. Jika modem/hp anda sudah terkoneksi dengan baik, periksa port koneksi melalui Control Panel>Phone and Modem. Ingat atau catatlah port yang digunakan tersebut (lihat gambar di bawah terdapat port Com19).


2. Buka file 'c:\gammu\gammurc' dengan Notepad atau WordPad. Masukan nomor port sesuai dengan yang digunakan oleh modem/hp anda (jangan lupa titik dua di akhir teks). Kemudian masukan juga jenis koneksi (connection) yang sesuai. Simpan dengan meng-klik menu File, pilih Save, atau tekan tombol 'Ctrl' dan 'S' secara bersama-sama. Selanjutnya tutup file ini. Contohnya teks yang diedit lihat gambar di bawah.


3. Uji koneksi yang telah anda buat dengan cara buka command prompt, ketik 'cd c:\gammu', tekan Enter. Ketik lagi 'gammu identify', tekan Enter. Jika di jendela command prompt muncul informasi tentang modem/hp yang anda gunakan, berarti koneksi modem/hp dengan Gammu sudah berjalan dengan baik. Lihat informasi hp yang saya gunakan pada gambar di bawah ini.


4. Setting konfigurasi SMS Daemon dengan cara buka file 'c:\gammu\smsdrc' dengan Notepad atau WordPad, edit parameter-parameter di bawah ini:
port = samakan dengan nomor port di file gammurc
connection = samakan dengan jenis koneksi di file gammurc
service = mysql
pc = localhost (atau isikan ip address jika mengakses mysql di komputer lain)
user = root (atau sesuaikan dengan user mysql yang ingin anda gunakan)
password = biarkan kosong, kecuali jika anda telah menyeting password mysql
database = sms (atau sesuai nama database yang telah anda buat)
Catatan : hilangkan tanda # (bila ada) di depan parameter-parameter di atas. Perhatikan gambar di bawah.



5. Buat Service Gammu, caranya buka command prompt, ketik 'cd c:\gammu', tekan Enter. Ketik lagi 'gammu-smsd -c smsdrc -i', tekan Enter. Jika di jendela command prompt muncul informasi 'Service GammuSMSD installed sucessfully', berarti servis Gammu telah berhasil anda buat.
Catatan : jika anda ingin mengubah konfigurasi Gammu yang telah anda buat tadi, maka anda harus menghapus terlebih dahulu servis Gammu yang telah anda buat. Caranya buka command prompt, ketik 'cd c:\gammu', tekan Enter. Ketik lagi 'gammu-smsd -u', tekan Enter. Jika di jendela command prompt muncul informasi 'Service GammuSMSD uninstalled sucessfully', berarti servis Gammu telah berhasil dihapus. Untuk jelasnya lihat gambar di bawah.


Jangan lupa membuat lagi servis Gammu setelah dihapus tadi. Setelah anda berhasil membuat servis Gammu, coba periksa apakah servis Gammu benar-benar telah ada di daftar servis windows. Caranya masuklah ke Control Panel>Administrative Tools>Services, maka anda akan melihat servis Gammu telah ada dalam daftar servis tersebut sebagaimana gambar di bawah ini.


Selanjutnya anda dapat memilih apakah ingin servis tersebut jalan/aktif secara otomatis setiap windows dijalankan, atau memilih secara manual. Caranya double-click servis Gammu tersebut, pada Startup Type pilih 'Automatic' atau 'Manual', klik tombol OK. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.


Nah, sekarang tahap terakhir adalah membuat file 'service.bat'. File ini fungsinya untuk merekam daftar servis windows yang aktif atau yang sedang berjalan, supaya bisa diketahui/dibaca oleh aplikasi SMSaccess. Jika servis Gammu aktif, maka indikator servis di SMSaccess akan berubah menjadi ON dan berwarna hijau. Sebaliknya, jika servis Gammu belum aktif, maka indikator servis berubah menjadi OFF dan berwarna merah.

Cara kerja file 'service.bat' ini sederhana, yaitu ketika file ini dibuka (melalui aplikasi SMSaccess atau di-double click) maka file ini akan membaca daftar servis yang aktif dan menuliskannya pada file 'service.log' (file service.log akan terbentuk secara otomatis). File 'service.log' inilah yang akan dibaca oleh aplikasi SMSaccess. Jika di dalam file tersebut terdapat tulisan 'Gammu SMSD Service (GammuSMSD)' artinya servis Gammu telah dijalankan. Sebaliknya jika tulisan tersebut tidak ada artinya servis Gammu belum dijalankan.

Berikut adalah cara membuat file 'service.bat':
1. Buka Notepad, ketik 'net start > c:\gammu\service.log'.
2. Simpan dengan cara klik menu File>Save atau bisa juga dengan menekan tombol 'Ctrl' dan 'S' secara bersama-sama. Pada kotak dialog Save As:
- tentukan directory tempat menyimpan file ini yaitu 'c:\gammu';
- isi kotak File name dengan 'service.bat'; dan
- pada kotak Save as type pilih 'All Files', klik tombol Save.

3. Tutup kembali Notepad.

Anda telah berhasil membuat file 'service.bat'. Cobalah double-click file tersebut, maka anda akan melihat kemunculan file baru yaitu 'service.log' yang berisi daftar servis windows yang sedang aktif/berjalan. Silahkan double-click file 'service.log' tersebut jika anda ingin melihatnya.

5 komentar:

  1. hoalah bang, isinya 1 doang suruh download "jenis koneksi"

    BalasHapus
  2. pada langkah ke 2 :

    "Kemudian masukan juga jenis koneksi (connection) yang sesuai"
    itu maksudnya gmn ya?
    di notepad bawaah "at9600" itu harus disesuaikan dgn apa? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan saja jenis koneksi "at9600" sebagaimana contoh.

      Hapus
    2. Coba setting gammunya http://gammumofikasi.blogspot.com/

      Hapus
  3. bagaimana cara kita tahu koneksinya itu mas?
    bingung nih jadinya mas


    aku pake modem vodafone mas

    mohon bantuannya ya mas

    BalasHapus