Kamis, 21 Juni 2012

Mengirim dan Menerima SMS Dengan Microsoft Access

Aplikasi-aplikasi yang berukuran kecil, sederhana dan untuk lingkup pengoperasian terbatas (bukan networking) sebenarnya dapat dibuat dan dikembangkan dengan Ms Access. Meskipun aplikasi Ms Access juga bisa digunakan bersama-sama dalam local network, namun menurut pengalaman penulis aksesnya sangat lambat. Jadi, aplikasi Ms Access sebaiknya digunakan secara mandiri (standalone) saja. Selain itu kelebihan aplikasi Ms Access adalah ukuran filenya yang relatif kecil dan dapat selalu dipadatkan menggunakan fasilitas Compact and Repair Database yang dimilikinya, sehingga gampang dibawa kemana-mana di dalam flashdisc. Bayangkan, misalnya aplikasi 'Buku Kas Umum' bisa dibawa kemana saja dan dioperasikan di mana saja. Tentu akan lebih memberikan kemudahan bagi user yang mengoperasikannya.

Aplikasi yang akan saya sharing kali ini saya beri nama SMSaccess, yang dibuat dengan Ms Access. Fungsinya untuk menerima dan mengirim SMS menggunakan komputer. Kelebihannya antara lain:

1. Dibuat dengan Ms Access (tentu saja dengan kelebihan Ms Access seperti uraian di atas).
2. Dapat menerima SMS dalam jumlah banyak karena ditampung dalam database inbox di komputer. Tidak menggunakan inbox modem/hp sehingga tidak akan terjadi overload.
3. Ada 3 pilihan pengiriman SMS, yaitu: kirim ke satu nomor tujuan; kirim ke beberapa nomor tujuan sekaligus dengan hanya sekali klik; dan kirim ke grup, yaitu dengan hanya mengirim SMS ke grup tertentu maka semua nomor yang tergabung dalam grup itu akan menerima SMS.
4. Dapat mengirim SMS dengan jumlah karakter di atas 160 karakter hanya dengan sekali kirim.
5. Menyimpan dan mengelola nomor kontak dalam jumlah yang sangat banyak.
6. Menggunakan Login, untuk menghindari akses tanpa izin (ilegal) dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
7. Opensource (optional) dengan menggunakan kode-kode Visual Basic, sehingga dapat dikembangkan sendiri untuk menyalurkan hobi atau untuk berbagai keperluan.

Sebagai karya manusia yang tidak luput dari kekurangan, aplikasi ini juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Aplikasi ini hanya interface-nya saja. Sedangkan servernya menggunakan Gammu, databasenya menggunakan MySQL, dan konektor dari database ke interface menggunakan MySQL-connector-odbc. Tapi anda jangan kuatir karena semua software tersebut dapat di-download secara gratis, dan yang lebih penting dari itu anda akan mempelajari cara instal dan menggunakan ke-4 software itu sekaligus.
2. Dibutuhkan modem/hp (tentu saja bro…!!!) sebagai device-nya. Sebagai informasi, saya menggunakan hp Nokia 2330 Classic dengan konektor bluetooth. Kalau di kantor saya menerima/mengirim SMS di komputer saja, sedangkan hp tetap tidak keluar dari 'sarung'-nya. Begitu juga di rumah, hp saya gantung di 'sangkar'-nya, terima/kirim SMS di komputer juga. Menjawab SMS dari teman, keluarga bahkan kolega cukup mengetik di keyboard saja.

Selanjutnya, untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan klik link di bawah ini:
1. Untuk servernya download Gammu-setup.exe. Sebenarnya link tersebut berasal dari blognya mas Rosihanari di www.4shared.com, namun akhir-akhir ini beberapa kali saya coba download selalu gagal. Jika anda mengalami hal yang sama, silahkan ambil alternatif link download Gammu-setup.exe tersebut di sini. File tersebut berupa installer Gammu versi 1.25 yang sudah dimodifikasi dan disederhanakan oleh mas Rosihanari untuk kemudahan proses installasi.
2. Untuk koneksi MySQL-Ms Access download MySQL-connector-odbc-3.51.15-win32.msi.
3. Download aplikasi SMSaccess.accde (include MySQL_TabelSMS.sql). Sebagai informasi, anda akan mendapatkan 3 file SMSaccess sebagai alternatif jika eksekusi salah satu file tidak berhasil dikarenakan perbedaan versi Ms Access yang anda gunakan.
4. Untuk databasenya download driver Xampp-win32-1.5.1-installer.exe (include MySQL).
5. Hp dengan konektornya (silahkan download di toko terdekat, hehehe…).

Nah, kalau sudah selesai download, silahkan ikuti artikel selanjutnya yaitu Menggunakan Aplikasi SMSaccess.
--------------
Referensi:
http://blog.rosihanari.net/
http://www.visualbasicindonesia.com/
-------------------------
Untuk mendapatkan pemahaman yang baik serta memudahkan praktik tahap demi tahap dari tutorial ini, sebaiknya anda membaca tutorial ini secara berurutan sebagai berikut:
a. Mengirim dan Menerima SMS Dengan Microsoft Access.
b. Menggunakan Aplikasi SMS Access.
c. Installasi Xampp dan MySQL.
d. Membuat Database dan Tabel-tabel SMS di MySQL.
e. Installasi MySQL Connector ODBC dan Setting System DSN.
f. Langkah-langkah Setting Gammu.

3 komentar:

  1. Mas. Saya tertarik untuk beli source codenya, saya sudah sms dan juga mennghubungi mas tapi belum ada balasan, bisa dihubungi di mana ya? terimakasih.


    Nurhasim\
    hasimnurhsm@yahoo.com

    BalasHapus
  2. tai kucing komentar ngaco semua

    BalasHapus