Kamis, 21 Juni 2012

Membuat Database dan Tabel-tabel SMS di MySQL

Tutorial sebelumnya : Installasi Xampp dan MySQL.

Untuk dapat menggunakan aplikasi SMSaccess ini kita membutuhkan tabel-tabel yang disimpan dalam satu database. Sebenarnya database dan tabel-tabel ini adalah bawaan Gammu atau untuk keperluan Gammu. Sedangkan aplikasi SMSaccess, karena sebagai interface, hanya membutuhkan koneksi secara link saja ke tabel-tabel tersebut.

Untuk membuat database dan tabel-tabel di MySQL, anda dapat menggunakan file 'MySQL_TabelSMS.sql' yang sudah anda download bersama-sama dengan aplikasi SMSaccess. Praktisnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Masuklah ke 'Command Prompt' dengan cara klik tombol Start, ketik 'cmd' di kotak Run, tekan Enter, maka akan muncul jendela Command Prompt.

2. Untuk masuk ke MySQL ketik 'cd C:\Program Files\xampp\mysql\bin', tekan Enter.
3. Selanjutnya ketik 'mysql -h localhost -u root -p', tekan Enter. Biarkan password kosong, tekan Enter sekali lagi.
Catatan : Pada saat ini MySQL anda belum memiliki password. Untuk keamanan sebaiknya tambahkan password.

4. Buatlah database bernama 'sms'. Caranya ketik 'create database sms;' (jangan lupa titik koma di akhir teks), tekan Enter. Jika muncul teks 'Query OK, 1 row affected (0.00 sec)', maka itu artinya database sms sudah berhasil dibuat. Jangan tutup dulu jendela Command Prompt, karena langkah selanjutnya adalah membuat tabel-tabel.
5. Untuk membuat tabel-tabel anda dapat membuatnya secara manual untuk belajar dan latihan. Namun jika anda ingin membuat tabel secara cepat, pada jendela Command Prompt tadi, ketik terlebih dahulu 'exit', tekan Enter, dilanjutkan dengan mengetik 'mysql -h localhost -u root -p sms < D:\MySQL_TabelSMS.sql' (sesuaikan dengan direktory yang anda gunakan untuk menyimpan file ini), tekan Enter 2X. Jika muncul teks 'C:\Program Files\xampp\mysql\bin>' seperti gambar di bawah ini, maka itu artinya tabel-tabel sudah berhasil dibuat.


Jika anda ingin melihat tabel-tabel apa saja yang berhasil dibuat, masih di Command Prompt masuk kembali ke MySQL dengan cara ketik 'mysql -h localhost -u root -p', tekan Enter 2X. Selanjutnya ketik 'use sms', tekan Enter. Ketik 'show tables;' (jangan lupa titik koma di akhir teks), tekan Enter. Maka akan muncul nama-nama tabel yang berhasil dibuat. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


Nah..., demikianlah cara membuat database dan tabel-tabel di MySQL. Supaya anda dapat segera mencoba mengirim/menerima SMS menggunakan aplikasi SMSaccess, ikuti tutorial berikutnya yaitu Installasi MySQL Connector ODBC dan Setting System DSN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar